Follow Starsonsky Twitter Starsonsky Facebook  Staronsky Feedburner

About Us


Disuatu pagi saya terpikir, kenapa tidak saya membuat sebuah proyek tentang keprihatinan yg saya rasakan selama ini berupa kampanye sosial, dimana orang-orang acuh tak acuh dengan berbagai bahaya yang mengancam hidupnya dan arti pentingnya kesehatan bagi orang lain. Yang saya bicarakan ini adalah proyek sosial yang bertemakan kampanye bahaya asap rokok bagi perokok pasif yang telah saya gagas sejak 1-2 semester lalu (kurang lebih 1thn). Keinginan yang cukup lama tertunda karena ketiadaan waktu untuk menggarapnya dan sekarang mungkin ini saatnya setelah sekian lama mencari jalan keluar dengan berbagai pertimbangan, perancangan desain dan sebuah solusi yang menurut saya ini cukup efektif, setidaknya bagi saya sendiri.

Disisi lain, saya ingin sekali membuat sebuah kampanye sosial tentang anak, karena saya merasa orang-orang yang perlu diperhatiakn, sebenarnya adalah para generasi muda, karena mereka adalah para influencer untuk orang-orang sekitarnya (minimal dalam lingkungan keluarga), meskipun sebelumnya saya juga telah melakukan aksi donasi sosial untuk pengemis dan gelandangan tapi terhenti karena ternyata tak cukup dana untuk melanjutkannya.


Starsonsky sendiri tak ada kapan resminya berdiri karena memang niat awalnya hanya sekedar iseng belaka sebagai pelampiasan hasrat proyek pribadi, tapi ketika pertama kali menemukan nama Starsonsky sendiri pada tanggal 13 Juni 2011, pada hari itu juga saya membeli domain-nya. Proses penetapan nama starsonsky ini sebenarnya tidak lama, hanya sekitar 2 hari dengan dibantu oleh kakak saya Safni Marina - Seorang professional web developer asal Malaysia.
So, dengan Starsonsky saya ingin berusaha mengajak orang-orang disekitar saya, mari sama-sama melakukan action, masih banyak saudara2 kita (khususnya anak-anak) yang diluar sana sangat membutuhkan bantuan kita. Anak-anak seharusnya menjadi bintang dilangit yang bisa menemani sang bulan dikala sendiri, yang bisa menjadikan langit begitu lebih indah, dan diujung bintang tertinggilah tempat anak-anak menggantungkan mimpinya, bukan pada impian “bertahan hidup” ketika kelaparan mendera, bukan ketika penyakit datang, bukan ketika hidup dijalanan, bukan juga ketika ditinggal keluarganya (yatimpiatu), dan hal lainnya yang dimana tak seharusnya mereka jalani. Apa yang salah dengan hidup mereka? Tentu tidak ada yang salah, yang salah adalah ketika kita mengetahui hal tersebut, dan kita masih saja membiarkannya.. Kejahatan yang sangat nyata, itu sama halnya, ketika kita mencacimaki saat melihat orang kaya yang tak peduli dengan penderitaan rakyat miskin, tapi kita sendiri juga masih tidak peduli dengan kehidupan orang2 disekitar kita.. #apakatadunia 




Endro Kustono, The Project Leader of Starsonsky

Berawal ketika mendapatkan segenggam inspirasi kala Seminar “Design That Change” yang diselenggarakan oleh Bajigur untuk Obah Project, maka muncul ide untuk membuat sebuah sosial project, lebih tepatnya proyek iseng. Dengan modal ketertarikan hal yang sama pada dunia sosial, sekaligus memilih tempat yang sama juga untuk tujuan donasi, akhirnya pada sekitar bulan Juni 2011 Starsonsky terbentuk. Masalah yang diangkat pun mungkin cukup terdengar klasik di telinga, yakni ingin mengkampanyekan bahaya asap rokok pada perokok pasif, Starsonsky mengawali debut pertamanya untuk sosial project dengan membuat proyek bertemakan ‘From Anti Cancer Campaign to Cancer Sufferers (Kampanye Anti Kanker (rokok) untuk Penderita Kanker) yang nantinya semua donasi yang terkumpul akan di sumbangkan ke yayasan FSG Tunas Bangsa Yogykarta.


Ide awal kenapa harus membuat proyek sosial adalah ketika ada keinginan untuk berdonasi tapi mendadak terpikir sesuatu.. ‘When you dont have enough money to donate for #CHARITY, Why dont you use your skill to create #DESIGN that can remind more people to DONATE?’. Dengan menggandeng sponsor dari Singapore, akhirnya proyek ini berhasil menjual lebih dari 190 T-Shirt dan mendapatkan donasi lebih dari 4 juta dalam waktu sekitar 3 bulan dengan dibantu teman-teman dari beberapa kampus.

Orang dibalik proyek Starsonsky ini adalah Endro Kustono, adalah mahasiswa DKV (Desain Komunikasi Visual) ISI (Insititut Seni Indonesia) Yogyakarta semester tingkat akhir yang mengaku jenuh dengan pekerjaan ‘freelance’-nya sebagai buruh desain. Selain kesibukan sosial mengisi kegiatan sebagai relawan di Yayasan FSG Tunas Bangsa, jg aktif mengejar karir sebagai desainer dengan mengikuti kontes desain di internet.

Follow twitternya @iamendro atau ‘add Facebook’nya Endro Koekoe untuk mengenal lebih jauh. Dan kata terakhir.. People will NOT know who us if we don't DO something, Lets do ACT..


7 komentar:

  1. Brilian idenya nih si abang.. ngomong2 kaosnya dijual tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @brhtm :
      iya dijual maren dgn sistem pre-order dan laku lbh dr 150 tees. Skrg baru proses distribusi. Blm tau ni mau nyetak lg ato nggk. u/ info lebh update bs kunjungi FB kami www.facebook.com/starsonsky.project
      makasih uda mampir :)

      Delete
  2. @brhtm :
    iya dijual maren dgn sistem pre-order dan laku lbh dr 150 tees. Skrg baru proses distribusi. Blm tau ni mau nyetak lg ato nggk. u/ info lebh update bs kunjungi FB kami www.facebook.com/starsonsky.project
    makasih uda mampir :)

    ReplyDelete
  3. wah keren2 banget tuh mas desain T-shirt nya boleh jadi reseller gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk lebih lengkapnya langsung hub imel saya aja gan :)
      iamendro@gmail.com
      atao add YM saya : endro_ym
      thanks :)

      Delete