Follow Starsonsky Twitter Starsonsky Facebook  Staronsky Feedburner

10.5.12

Power of Volunteering

Ketika sedang browsing tentang dunia ke-relawanan, saya menemukan sebuah tulisan yang bagus untuk menambah wawasan kita dan sayang banget kalo tidak saya share disini. Beliau adalah Sirly Widyaningrum Young On Top Campus Ambassador. Follow twitternya @SirlyWidyaNasir dan berikut tulisan lengkapnya ...


Awal Maret lalu. saya berkesempatan berbagi di acara yang diadakan Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Hubungan Internasional Universitas Pelita Harapan (HMJHI UPH), “Volunteering In Action”. acara ini diadakan bertujuan untuk meningkatkan awareness anak muda dalam dunia volunteering. Pembicara yang lain juga merupakan anak-anak muda yang sudah terjun langsung di dunia volunteerism, yaitu Jonathan C. Susanto (YOT Campus Ambassador) dan Ade Darmawansyah (Advisor Youth Empowering). Dalam kesempatan tersebut saya berbagi mengenai pengalaman saya di dunia volunteerism, dan juga pandangan saya mengenai “Volunteering and How to Make It Simple.”

Menurut saya, volunteering itu tidak harus dilakukan dengan involve dalam suatu kegiatan, namun, tanpa kita sadari kita dapat melakukan volunteering kapan saja, di mana saja–dan mungkin kita sering melakukannya. Yes, I’m talking about lending a hand. Sesimple itu, membantu orang lain juga dapat disebut sebagai kegiatan volunteering. Apa sih sebenarnya definisi volunteering? Challenge your definition. Bagi saya, volunteering adalah menyediakan waktu kita sesingkat apapun untuk membantu orang lain tanpa mengharapkan balasan. Expecting nothing in return. Yes or no?

Gunakan kemampuan kita dan passion kita untuk membantu sesama. Jangan terbatasi dengan pemikiran ” Saya sebenarnya ingin membantu/menjadi volunteer, tetapi saya tidak punya waktu.” Saya yakin teman-teman pernah berpikir seperti itu. Padahal, ternyata kita sudah melakukannya selama ini tanpa disadari. Menolong orang menyeberang, membantu teman yang terkena bencana, atau sekadar membantu mengangkat barang bawaan ibu-ibu tak dikenal yang sedang kesusahan? That was you volunteering yourself. Tanpa disadari, kita membuat lingkaran rantai kebaikan dengan menolong orang lain, dan orang tersebut juga akan kembali menolong–tidak terputus.

Satu hal lagi yang menurut saya dapat dilakukan dengan simple. Kekuatan social media, terutama twitter, memudahkan kita untuk melakukan kegiatan volunteering dengan skala besar. Tertarik dengan suatu isu/cause tetapi tidak mempunyai waktu secara fisik untuk membantu? Help them to spread the words. Spread the cause to everyone. Kita tidak pernah tahu siapa yang akan membaca hasil share kita, dan tentunya isu tersebut akan semakin meluas dengan jaringan kita yang tanpa disadari juga tertarik untuk menyebarkan isu/cause tersebut. Bayangkan, HUGE impact.

Tunggu apalagi? Kita tidak pernah tahu kita sampai kapan mempunyai kesempatan. Tidak usah berpikir skala besar, volunteering dengan cara yang mudah juga sangat berarti. It really do count.

Thanks.

See u ON TOP!

Sirly Widyaningrum – CA UI – Artikel Februari


---
Sumber Artikel :
Power of Volunteering
http://billyboen.com/power-of-volunteering/


Sumber Gambar :
http://spokaneparks.org/Parks/page/334/




0 komentar: